Posted by: Fosfaterz | November 12, 2008

[Cerita] Asal Mula 12 SHIO Binatang

Tahun Baru di Jepang diawali dengan kata ‘akemashite omedetou’, yang artinya “Selamat Tahun Baru”. Hawa di Jepang sangat dingin karena masih dalam musim dingin, tetapi hal itu tidak menyurutkan semangat untuk melihat matahari pagi di awal tahun atau mengunjungi kuil untuk memohon kesehatan di tahun ini. Di rumah, orang-orang melewati waktu sambil makan osechi, yaitu masakan khusus untuk Tahun Baru atau kue beras atau mochi.

Yang menyenangkan juga adalah Kartu Tahun Baru. Di Jepang, orang-orang saling mengirimkan kartu pos itu di antara teman atau kenalan. Gambar 12 shio binatang tergambar pada kartu tahun baru itu. Shio apa tahun ini? Monyet, Tikus atau sapi?

siklus_shioNah, awal mulanya ke12 shio itu, begini ceritanya . . . . .

Dulu hiduplah Dewa yang berada ditengah pegunungan. Ketika tanggal 30 Desember Dewa menulis surat kepada binatang-binatang di seluruh negeri untuk dapat mengunjunginya di awal tahun. Dewa akan memilih siapa yang paling cepat dari 1 sampai 12 dan akan mengangkatnya menjadi jendral berdasarkan urutan.

Semua membaca surat dari Dewa tersebut kecuali kucing yang suka santai, sehingga tikus yang licik membohonginya. Ia mengatakan bahwa acara tersebut akan diadakan tanggal 2 sedangkan yang sebenarnya tanggal 1. Kucing berterima kasih karena kebaikan tikus untuk menyampaikan hal itu. Padahal….. itu adalah niat buruknya tikus.

Malam harinya ketika semua sedang tidur sapi yang sadar kalau dia jalannya lambat berangkat duluan dan…. lagi2 hal ini dimanfaatkan tikus. Ia meloncat menaiki punggung sapi. Akhirnya, bisa diduga donk antara mereka dua aja yang duluan. Tapi, malang…. sapi juga gak sadar kalau ada tikus yang menaiki punggungnya. Esoknya, ketika hari masih gelap semua binatang berangkat. Dan ketika udah nyampe di tempat Dewa, tikus meloncat dan mengucapkan selamat tahun baru kepada Dewa. Sehingga sapi yang seharusnya menjadi nomor 1 sedih n hanya di tempat kedua.

Selanjutnya, datanglah binatang2 yang berangkat pagi tadi. Dimulai dari harimau, kelinci, naga, ular, kuda, domba, monyet, ayam, anjing, dan babi hutan. Akhirnya merekalah yang nantinya menjadi ke12 shio. Besoknya, ketika mereka mengadakan pesta kucing yang tahu datang marah2. Dia sangat marah dengan tikus yang membohonginya dan selalu mengejar2nya. karena itu kucing yang gak masuk dalam 12 shio selalu mengejar-ngejar tikus.

(fosfater’z31)


Responses

  1. boleh jg lh sejarahnya..

  2. kadsiannya pank kucing…
    kucing memang pemalas, sama kayak kucingku, biar bungas tapi kerjanya cuma tidur, makan, kawin…haha

    emang! kayak yang punya… ck ck kc

  3. ChayoO…!!
    FOSFAT da’beSt aLwayz….

  4. emang kucing aneh rese lagi gak kayak teman gw yang lebih lucu daripada kucing

  5. koq si dewanya gak tau soal tikus yg naik ke punggung si kerbau ya? dan koq si kerbau gax bilang tentang kelicikan si tikus.

  6. Hi, i read your blog occasionally and i own a similar one and i
    was just curious if you get a lot of spam comments? If so how do you reduce it, any plugin or
    anything you can suggest? I get so much lately it’s
    driving me insane so any support is very much appreciated.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: