Posted by: Fosfaterz | November 8, 2008

Pemecahan Teka-Teki Perdana dari Fosfater’z

Setelah sekian jam mengutak-atik theme WP, akhirnya sekarang saatnya untuk memenuhi blog dengan tulisan, pikiran dan apa sajalah yang terlintasdi otak fosfater’z…

Gara-gara bingung mau nulis apa…lebih baik kita dipusingkan lagi dengan teka-teki yang satu ini (bingung edit WP x bingung nulis apa x bingung dengan teka-teki yang satu ini = bingung kubik)

Yang pasti teka-teki ini belum pernah diulas di situs manapun juga…Kecuali di sini dan saat ini juga akan diulas dan dikupas setajam silet!!Ini yang pertama di dunia maya dan di blog fosfater’z…

Mungkin semua sudah sering dibingungkan dengan gambar ini…

Setelah sekian jam mengutak-atik theme WP, akhirnya sekarang saatnya untuk memenuhi blog dengan tulisan, pikiran dan apa sajalah yang terlintasdi otak fosfater’z…

Gara-gara bingung mau nulis apa…lebih baik kita dipusingkan lagi dengan teka-teki yang satu ini (bingung edit WP x bingung nulis apa x bingung dengan teka-teki yang satu ini = bingung kubik)

Yang pasti teka-teki ini belum pernah diulas di situs manapun juga…Kecuali di sini dan saat ini juga akan diulas dan dikupas setajam silet!!Ini yang pertama di dunia maya dan di blog fosfater’z…

Mungkin semua sudah sering dibingungkan dengan gambar ini…trigrid1

Bagaimana ini dapat terjadi? (ingat yawl…ini ulasan khusus dari fosfater’z…di situs manapun belum pernah mengulasnya…so, fosfater’z menghadirkan ulasan ini khusus untuk kalian semua)

Sepertinya gambar-gambar itu memang membingungkan. Pasti kita berpikir, kedua ukuran segitiga itu sama ukurannya, bangunan penyusunnya juga sama, tapi kenapa bisa ada bangunan penyusup bila diposisikan berbeda.

Kedua bangunan itu ternyata menipu pandangan kita saja. Sepintas memang terlihat ukuran luas totalnya sama persis. Dan meskipun dicemari baik-baik juga mungkin nggak akan menemukan perbedaan. Menghitung adalah cara yang paling tepat bila ingin mengetahui perbedaannya. Baru setelah itu, cermati lagi bangunannya baik-baik dan kalo perlu membuatnya sendiri. Ingat!! Kedua segitiga itu hanya penipu. Namanya juga optical illusion.

Langsung saja masuk dalam hitungan…

Cari tahu dulu apa yang ada di balik bangunan segitiganya. Cara hitungnya pake trigonometri… Cari tahu sudut yang membentuk antara garis sisi miring dengan alas segitiga. Bangunan segitiga hijau:

alas = 5

tinggi = 2

Karena yang diketahui alas dan tinggi, maka cara yang paling mudah cari sudut dengan rumus tan.

sudut diberi nama a

tan a = depan(tinggi) : samping(alas)

tan a = 2 : 5

a = 21,80140949 (biar lebih akurat, hitungnya pake kalkulator atau excel digitnya bisa lebih akurat lagi :D)

Jadi, sudut yang membentuk sisi miring dan alas segitiga hijau 21,80140949

Bangunan segitiga merah:

alas = 8

tinggi = 3

Karena yang diketahui alas dan tinggi, maka cara yang paling mudah cari sudut dengan rumus tan.

sudut diberi nama b

tan b = depan(tinggi) : samping(alas)

tan a = 3 : 8

b = 20,55604522

Jadi, sudut yang membentuk sisi miring dan alas segitiga merah 20,55604522

Tuh kan, dilihat dari sudutnya aja sudah beda. Padahal segitiganya berhimpitan dan seharusnya sebangun. Tapi, sudutnya saja sudah beda, bagaimana mau jadi bangun yang sebangun. Kalo masih kurang ngerti perbedaannya, lebih baik buat sendiri bangunannya. Bisa pakai buku strimin, lalu digunting sesuai dengan bangunan yang ada, lalu dibuat puzzle. Kalau membuat sendiri biasanya lebih cepat ngerti. Cara lain bisa digambar di word dengan menentukan ukurannya.

Buat keempat bangun tersebut, lalu dibuat puzzle. Setelah membuat segitiga yang utuh, bentuk lagi dengan bangunan tadi menjadi segitiga bolong. Apa yang kamu temukan?

Segitiga yang utuh sisi miringnya cekung.

cekung

Segitiga yang bolong sisi miringnya cembung.

cembung

Wah, ternyata luas yang cembungnya kalau digabungkan menjadi satu kotak. Haha…ternyata itu hanya tipuan mata belaka. Kalo dipikir secara logika dengan cara melihatnya saja memang nggak masuk akal. Tapi kalo dipikikir secara logika dengan cara hitungan semuanya itu masuk akal dan hanya tipuan saja.

(04fosfater’z)


Responses

  1. yahhhh…. bikin pusing aza…
    ck ck ck

  2. haha..kalo mau cepat ngerti mending dicoba sendiri…
    Pake kertas strimin tuh gampang…
    Supaya matanya g ketipu

  3. i have new story in

    http://physicsofrudy.wordpress.com

    or

    http://rudyphysics.wordpress.com

  4. ank2 fosfaters ne ska ksh tbk2an yg nxgkut2 keplajaran,,,,,,,hebat……………..salut deh ma fosfat

  5. Wah… satu lagi neh blogger smada yang go blog🙂

    Mantap emang Komunitas Bloggernya…

    Thx dah pasang banner and ikut mengkampanyekan budaya nge-blog di Kalteng.

    Link balik segera terpasang… silakan di cek.

    Keep posting

    Salam,

  6. huhu,,jadi pusing,,bener,,

  7. hi…kakak-kakakQ yang ganteng-ganteng , serta cantik-2…
    oiya …saya krisna anak XI IA 5 …
    saya mao ngasih tau niey…tentan kabar terbaru smada !!! besok tanggal 17-12-2008 XL bakal ngadain acara lo di SMADA sekolah yang kita bangga-banggakan and keren tentunya…
    jadi tungguin yawh….!!!!hehehehehe

  8. Wah . . . .Wah . . . . saya GA NGERTI !😆
    temu saya di http://gogreengalaxy.wordpress.com😀

  9. Hai aq mao berkenalan salam buat pak rudy

  10. Sore… Salam kenal… boleh tukaran link…? 🙂

  11. kok q ga paham sih……

  12. numpang mampir


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: